Di JABODETABEK, anda dapat memperhatikan kepadatan lalu lintas yang ditandai dengan kemacetan dan banyaknya jumlah kendaraan. Peningkatan kepadatan lalu lintas ini menjadi alasan utama kebutuhan jasa kurir untuk mempermudah serta mempercepat perpindahan suatu barang dari satu tempat ke tempat lainnya. Bagi yang ingin memulai bisnis jasa kurir, berikut adalah hal yang harus diperhatikan:

1. Sarana Transportasi dan Media Komunikasi

Sarana transportasi yang paling cocok untuk jasa kurir adalah sepeda motor. Selain karena ukurannya yang kecil sehingga mudah melewati macet, bahan bakar yang diperlukan sepeda motor juga cukup murah dan biaya perawatan sepeda motor cukup terjangkau. Dengan begitu, anda akan menghemat waktu pengiriman barang serta menghemat biaya modal.

Media komunikasi yang paling tepat adalah telepon seluler. Alasannya, telepon seluler mudah dibawa dan tidak membutuhkan tempat yang besar. Selain itu, anda pun dapat dengan cepat menghubungi serta menerima balasan. Alat komunikasi harus diperhatikan untuk memudahkan operasional usaha.

2. Karyawan

Untuk karyawan yang dijadikan kurir, anda harus mempekerjakan karyawan yang mengenal seluk beluk kota hingga jalan alternatif agar terhindar dari macet. Selain itu, kualitas diri seperti jujur, rajin, dapat dipercaya dan tekun juga harus diperhatikan. Karyawan yang menjadi kurir juga harus berani bertanggung jawab atas barang yang diantarnya.

Selain mencari karyawan pengantar, anda juga membutuhkan karyawan untuk urusan administrasi seperti untuk menerima order dan berkomunikasi dengan pelanggan. Carilah karyawan yang teliti dan sabat serta sopan dan memiliki kemampuan interpersonal yang baik.

3. Promosi

Untuk mengenalkan jasa anda kepada banyak orang, anda dapat memanfaatkan internet. Selain biayanya yang murah, internet juga cepat serta dapat menyebarkan informasi ke banyak orang sekaligus. Contoh penggunaan internet untuk marketing adalah dengan akun sosial media.

Ketika melakukan promosi, sebaiknya punyai target konsumen yang sesuai dengan cara promosi anda. Jika mempunyai target konsumen ibu rumah tangga, maka dapat menyebarkan jasa anda di pasar atau pusat perbelanjaan. Jika target pasarnya adalah karyawan, maka dapat melakukan promosi ke perusahaan.

4. Keragaman Jasa dan Produk

Agar bisnis kurir ini dapat bertahan dan unggul dari kompetitor, anda dapat menawarkan paket yang berbeda seperti pengiriman paket atau dokumen, paket antar jemput paket ke ekspedisi, paket membeli barang pesanan dan pengantaran barang tersebut ke pelanggan serta layanan jasa COD (Cash on Delivery).

Bahkan ada beberapa jasa kurir yang menawarkan jasa untuk mengantre tiket untuk jasa transportasi serta hiburan seperti tiket bus, tiket kereta api, tiket bioskop hingga tiket konser. Anda pun dapat menawarkan jasa pembelian makanan dan minuman untuk menambah keragaman jasa yang ditawarkan.

Karena kompetisi yang akan dihadapi tidak hanya dari sesama jasa kurir offline tetapi juga online, anda harus memastikan bahwa tidak hanya terfokus pada pelanggan individual tetapi juga instansi hingga perusahaan, sehingga bisnis anda dapat tetap berjalan dengan baik.

5. Penanganan Risiko

Dalam menjalankan bisnis, anda harus siap dengan segala risiko yang mungkin terjadi, misalnya cuaca buruk, kecelakaan di lalu lintas, kerusakan di kendaraan, hingga kepadatan lalu lintas. Kendala ini tentunya dapat menghambat operasional usaha anda. Selalu siapkan diri dengan rencana cadangan sehingga operasional usaha dapat terus berjalan.

Kendala lain juga dapat terjadi dari masalah komunikasi misalnya salah alamat karena kesalahan pihak administrasi atau keterlambatan pengiriman barang. Untuk menghindari hal tersebut, anda dapat memberikan kompensasi bagi pelanggan yang barangnya telat diantar atau tidak menjanjikan ketepatan waktu apabila lalu lintas sedang padat. Selain itu, berilah jaminan atas barang yang diantar, misalnya ganti rugi apabila barang hilang ataupun rusak.

Prioritaskan kualitas pelayanan

Untuk jasa kurir, keuntungan anda sangat ditentukan oleh kepuasan pelanggan. Jika pelanggan puas, pelanggan akan membantu anda untuk mempromosikannya untuk orang lain atau kembali menggunakan jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, selalu pastikan bahwa dalam operasional anda, selalu dahulukan kualitas pelayanan serta kepuasan pelanggan.

One thought on “Mau Buka Bisnis Kurir? Ini Sejumlah Tips untuk Anda”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *