jasa-pengiriman-barang3
Saat ini, toko online menjadi salah satu alternatif bisnis yang banyak dipilih oleh berbagai kalangan. Sebagaimana toko pada umumnya, di sini juga disediakan berbagai barang yang dijual dan menjadi tempat bertransaksi dengan pembelinya. Hanya bedanya, konsep toko online lebih abstrak dibanding toko yang senyatanya.

Secara harfiah, “toko” diartikan sebagai tempat untuk menjual barang-barang. Sedangkan “online” memiliki arti terkoneksi atau dalam keadaan terhubung, yang dalam hal ini adalah terkoneksi dengan jaringan internet. Sehingga pengertian toko online adalah sebuah tempat atau media yang terkoneksi dengan internet dan digunakan untuk menjual barang-barang.

Tak hanya menjual barang, toko online juga berkewajiban mengirimkan barang kepada pembelinya setelah transaksi disepakati lewat internet. Hal ini dilakukan karena transaksi online tidak mempertemukan penjual dan pembeli secara nyata, sehingga barang yang nyata tersebut harus tetap dikirimkan melalui jasa pengiriman barang. Dan berikut cara kerja toko online dalam bertransaksi :

  1. Toko online memajang foto berikut informasi mengenai produk yang akan dijualnya.
  2. Melalui promosi ke media sosial, mesin pencari, iklan baris, dan lain sebagainya, toko online akan berusaha memperoleh pengunjung untuk memperkenalkan produknya.
  3. Saat ada pengunjung yang tertarik untuk membelinya, mereka bisa melakukan pemesanan melalui toko online tersebut.
  4. Pembeli memesan produk di toko online melalui ‘add chart’ atau keranjang belanja atau bisa juga melalui email, SMS dan media komunikasi lainnya, sebagaimana layanan yang telah disediakan di toko online.
  5. Setelah itu, pembeli melakukan pembayaran barang sesuai harga produk plus ongkos kirim melalui transfer antar bank atau kartu kredit dan sistem pembayaran online lainnya.
  6. Pembeli pun melakukan konfirmasi pembayaran, baik melalui SMS atau melalui halaman website sebagaimana ketentuan yang ditetapkan oleh toko online.
  7. Toko online kemudian memproses order dari pembeli, mengemasnya dan kemudian mengirimkan produk ke alamat pembelinya dengan menggunakan jasa pengiriman barang.
  8. Barang sampai dan diterima oleh pembeli.

Itulah sekilas tentang pengertian toko online dan cara kerjanya dalam mengirimkan barang hingga sampai ke tangan pembelinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *